Info Madrasah
Minggu, 27 Nov 2022
  • Selamat Datang di Website MA Futuhiyyah-2 Mranggen

Jalankan Kurikulum Merdeka, MA Futuhiyyah 2 Mranggen Gelar ‘Celebration Day’ Projek P5 dan P2RA Tahap I

Diterbitkan : - Kategori : Berita

MA Futuhiyyah 2 Mranggen merupakan salah satu madrasah di Indonesia yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022-2023 ini. Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka terdapat P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin).

P5 dan P2RA merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri khas dan poin istimewa pada Kurikulum Merdeka. Adanya P5 merupakan upaya untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dalam diri siswa, yaitu Beriman, Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Selain itu untuk siswa madrasah juga diharapkan dapat melahirkan Pelajar yang Rahmatan Lil Alamin dengan memiliki karakter Ta’addub (berkeadaban), Qudwah (keteladanan), Muwathanah (kewarganegaraan), Tawassut (mengambil jalan tengah), Tawazun (berimbang), I’tidal (lurus dan tegak), Musawah (kesetaraan), Syura (musyawarah), Tasamuh (toleransi) dan Tathawur wal ibtikar (dinamis dan inovatif).

Pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 ini penerapan P5 dan P2RA di MA Futuhiyyah 2 Mranggen mengambil tema pertama Kearifan Lokal yang Dinamis dan Kreatif dengan Topik Proyek Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan Proyek dilakukan dengan tahapan pengenalan, kontekstualiasasi, aksi, dan refleksi serta tindak lanjut.

Puncak kegiatan dilakukan pada kegiatan aksi nyata, yakni Celebration Day Pagelaran Proyek P5RA, dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Bernalar Kritis dan Kreatif Fase E yang dilaksanakan pada Senin – Rabu, 17 – 19 Oktober 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X berjumlah 258 siswa serta Bapak/Ibu Guru yang membimbing dalam proyek kelas masing-masing di aula kelas X.

Kepala Madrasah, KH Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc  mengatakan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Guru diharapkan dapat menemani dan membimbing proses pembelajaran siswa untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang diejawantahkan dalam Profil Pelajar Pancasila.

“Penerapan P5 dan P2RA juga bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata pada siswa untuk mengembangkan nilai-nilai Pancasila dan bisa mencetak generasi yang Rahmatan lil Alamin,” ujarnya.

Sementara itu, H. Muh. Nur Wahid, M.S.I,  Koordinator proyek yang juga Wakamad Kurikulum menjelaskan, Celebration day adalah aksi nyata yang dilakukan oleh Siswa-siswi dalam P5 dan P2RA sebagai pembuktian secara aktualisasi dan implementasi yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka.

“Dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan peserta didik MAF2 dapat mengambil keteladanan dari kisah Nabi Muhammad SAW, sehingga dijadikan moment untuk meningkatkan cinta dan kasih sayang sesama, mengutamakan kebenaran, mempererat tali persaudaraan serta menjunjung tinggi toleransi dan sebagai bentuk upaya melestarikan kearifan lokal untuk meningkatkan kesadaran budaya yang berkeadaban di era disrupsi,” jelasnya.

Di sisi lain, Kun Evianti, S.Pd., salah satu guru pembimbing dan fasilitator mengatakan, tema Kearifan Lokal dengan topik Perayaan Maulid Nabi Muhmammad SAW ini dibagi beberapa kelompok sesuai dengan kelas masing-masing. Mereka merencanakan dan membuat suatu kegiatan sesuai dengan budaya di lingkungan pesantren

“Saya berharap Siswa-sisiwi MAF2 tumbuh sebagai siswa-siswi yang kreatif serta mempunyai ide-ide cemerlang, tidak lagi menjadi siswa-siswi instan melainkan menjadi termotivasi dalam membuat suatu produk kegiatan yang menarik dengan asas kebersamaan, ulet dan kreatif, agar dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-harinya,” jelasnya.

Tambahnya, kegiatan aksi nyata proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin ini nantinya diakhiri  dengan kegiatan refleksi yang pada akhirnya memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya meneladani akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW bagi generasi milenial.

Ratri Aliefa Khoirina Ahza, salah satu siswi kelas XD, mengungkapkan bahwa dirinya beserta teman-teman yang lain merasa senang sekali mengikuti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di MAF2  ini.

“Dengan mengikuti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin Kurikulum Merdeka ini, kami mendapatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati, merencanakan dan mempraktikannya di lingkungan masing-masing nantinya,” pungkasnya. (bz)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar