Info Madrasah
Minggu, 14 Agu 2022
  • Selamat di Website MA Futuhiyyah-2 Mranggen

Ta’aruf Orang Tua Murid Peserta Didik Baru, Bersinergi Membangun Generasi Kompetitif

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Faktor keberhasilan pendidikan seorang anak bukan saja dilihat dari lingkungan sekolah/madrasah, akan tetapi dari orang tua (lingkungan keluarga) juga mempunyai peran yang sangat besar dalam tercapainya tujuan pendidikan. Oleh karena itu, komunikasi antara pihak madrasah dan orang tua perlu dilakukan secara intensif agar kedua belah pihak bisa sama-sama bersinergi untuk perkembangan belajar anak didik. Komunikasi yang dilakukan harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi missed communication.

Membangun komunikasi dengan orang tua/wali murid sudah menjadi rutinitas bagi MA futuhiyyah 2 Mranggen. Pertemuan biasanya dilaksanakan dua kali tiap tahunnya, yakni di awal semester dan di akhir semester. 

Dalam menyambut tahun pelajaran baru 2022 – 2023 MA Futuhiyyah 2 menggelar Ta’aruf Orang tua Murid Peserta Didik Baru bersama Civitas Akademika MA Futuhiyyah 2 Mranggen pada Ahad (17/7/2022) di lantai 3 Aula Madrasah. 

Pertemuan acara Ta’aruf, juga Tafahum dan Ta’awun ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Ketua Komite, Para Wakil Kepala Madrasah, Guru dan Tenaga Kependidikan serta seluruh orang tua/wali murid peserta didik baru berjalan dengan lancar dan khidmat. 

Kepala Madrasah, KH Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada orangtua/wali murid peserta didik baru yang telah mempercayakan pendidikan anak-anaknya pada tingkat menengah di MA Futuhiyyah 2 Mranggen.

“Terimakasih banyak saya sampaikan kepada Bapak/Ibu yang telah mempercayakan putra-putrinya sebanyak 304 siswa-siswi baru belajar di MA Futuhiyyah 2 Mranggen dalam rangka bersama-sama satu niat dan tujuan untuk thalabul ilmi,” ungkapnya mengawali  kata sambutan.

Disampaikan, tujuan acara Ta’aruf ini adalah memberikan informasi dan penyamaan persepsi terkait kegiatan pembelajaran di MA Futuhiyyah 2 Mranggen.

“Melalui Ta’aruf ini, mari kita bertekad bulat bersama-sama mendidik anak menjadi anak yang saleh-salehah dan nantinya mampu berkompetisi sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” sambungnya.

Kepala Madrasah menjelaskan, Kurikulum MA futuhiyyah 2 Mranggen memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri, sehingga dalam kontek kurikulum perlu menampakan karakteritik tersebut. Di satu sisi kurikulum tersebut harus memiliki relevansi dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, sisi lain harus mencerminkan jati dirinya sebagai satuan pendidikan yang merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional.

“Pembelajaran di MA Futuhiyyah 2 Mranggen yang membedakan dengan madrasah/sekolah lain adalah pemberian Ijazah Manaqib bagi siswa kelas akhir, kegiatan ziarah masyayikh dan  pemberian sertifikat menjahit yang menjadi bagian dalam pendidikan vokasi juga sertifikat IT dalam pembelajaran Mikrotik,” jelasnya.

Sementara perwakilan dari wali siswa peserta didik baru menyampaikan besar harapannya agar kegiatan proses pembelajaran di MA Futuhiyyah 2 Mranggen bisa berjalan dengan baik sehingga para siswa beserta wali murid dan juga keluarga besar MA Futuhiyyah 2 Mranggen dapat mencapai apa yang telah dicita-citakan bersama.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, H Ahmad Nur wahid, M.S.I menyampaikan bahwa tradisi yang baik ini (Ta’aruf dan Pertemuan Wali Murid) harus senantiasa dilaksanakan dan ditingkatkan intensitasnya agar tugas dan tanggung jawab baik orang tua maupun guru dapat terwujud dalam rangka pembentukan karakter anak.

“Pertemuan semacam sangat penting, apalagi kita pada tahun pelajaran baru ini akan menerapkan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan MOU dan penyerahan SK Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an  kepada 12 siswa yang lulus seleksi ujian Tahfidz Al-Qur’an pada Senin (4/7).

Pertemuan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara wali murid peserta didik baru dengan Manajeman Madrasah terkait program pembelajaran. (bz)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar