Info Madrasah
Minggu, 02 Okt 2022
  • Selamat Datang di Website MA Futuhiyyah-2 Mranggen

Matsama MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Stimulus Kreativitas Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Berita / PPDB / Siswa

Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2  (MAF2) Mranggen menyambut peserta didik baru tahun ajaran 2022-2023 melalui kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang digelar selama 2 hari pada Senin – Selasa (18-19/7/2022) di lantai 3 Aula Madrasah.

Matsama adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Melalui Matsama, diharapkan para peserta didik baru mengenal sistem pembelajaran, ciri khas, karakter, budaya,tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di lingkungan MA Futuhiyyah 2 Mranggen.

Matsama adalah titik awal proses pendidikan di sebuah madrasah yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta pada almamater dan semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Melalui Matsama siswa baru diberikan berbagai macam kegiatan yang edukatif serta dapat menstimulasi kreativitas dan inovasi siswa baru.

Kepala Madrasah, KH Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc menyapa para peserta didik baru dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. 

“Matsama bertujuan untuk mengenal lingkungan madrasah dan membentuk karakter siswa-siswi dengan berbagai materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuh perasaan cinta dan bangga belajar di MAF2, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,” tuturnya.

Pelaksaan upacara pembukaan Matsama ditandai dengan penyematan secara simbolis kartu peserta Matsama MA Futuhiyyah 2 Mranggen Tahun Pelajaran 2022/2023 oleh Kepala Madrasah. Kegiatan Matsama ini terbagi atas 7 kelas yang masing-masing kelompok didampingi oleh satu guru pendamping sehingga  memudahkan pelaksanaan Matsama sesuai jadwal yang sudah ditetapkan

Sedangkan materi sesuai dengan jadwal adalah Kemadrasahan: Pengenalan Lingkungan dan Budaya Madrasah oleh kepala Madrasah KH. Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc., Proses Belajar dan Mengajar oleh H Moh. Noor Wahid, M.S.I., Fasilitas dan Insfratruktur Pendukung Pembelajaran oleh Harta Dwi Rahmadi, S.T, Tata Tertib, Nilai dan Norma yang Berlaku di Lingkungan Madrasah oleh Sukimi, S. Ag, Kegitan dan Organisasi Kesiswaan oleh Ahmad Rokhimin, A.H., S. Kom., Moderasi Beragama oleh Ahmad Dliya’uddin, S. Pd.I dan Ketatausahaan oleh M Zazin.

Pantauan di lapangan terlihat para siswa-siswi baru sangat antusias mengikuti kegiatan Matsama. Kegiatan semakin samarak dengan dengan ice breaking yang diberikan oleh panitia.

Koordinator kegiatan Matsama, Muhammad Choeron, S.Ag mengungkapkan Matsama yang diikuti 304 siswa-siswi baru diisi dengan kegiatan edukatif dan menyenangkan serta tetap menaati peraturan dan norma yang berlaku di madrasah. 

“Seluruh rangkaian kegiatan Matsama bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi kepada siswa. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa baru,” ungkapnya.

 

Ditambahkan, harapannya dari kegiatan Matsama ini dapat menjadi  langkah awal dalam menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah bagi siswa baru di MA Futuhiyyah 2 Mranggen sehingga tercipta rasa aman dan nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Salah satu peserta Matsama, Ceysa Safeera Facheera  mengungkapkan rasa bahagianya mengikuti kegiatan Matsama. 

“Kegiatan Matsama MAF2 sangat menyenangkan. Kita bisa mengenal MAF2 yang begitu luar biasa. Kegiatan juga dikemas dengan game sehingga acara tidak membosankan. Asyik pokoknya,” ungkapnya dengan gembira. (bz)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar