Info Madrasah
Minggu, 02 Okt 2022
  • Selamat Datang di Website MA Futuhiyyah-2 Mranggen

MA Futuhiyyah 2 Mranggen Gratiskan Biaya Pendidikan Siswa Tahfidz

Diterbitkan : - Kategori : Berita / PPDB

Salah satu jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak adalah Jalur Program Penjaringan Siswa Unggulan Berprestasi. Salah satunya melalui program Tahfidz Al-Qur’an. Program ini ditekankan kepada calon peserta didik baru yang mempunyai ghirah dan motivasi tinggi dalam menghafal al-qur’an.

Setelah tahapan verifikasi berkas, panitia PPDB MA Futuhiyyah 2 Mranggen 2022-2023 menggelar ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an pada Senin (4/7) di ruang kelas.

Seleksi tersebut dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing terdapat 2 orang penguji. Teknis Ujian Seleksi ini meliputi pertama, peserta terlebih dahulu membaca 2 atau 3 baris (Juz 1 atau 2 atau 30) yang ditentukan oleh penguji. Kedua, peserta memulai hafalan satu lembar yang telah ditentukan oleh penguji. Sedangkan kriteria penilaian meliputi kelancara hafalan (40%), makhrorijul huruf (30%) dan tajwid (30%).

Koordinator ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an, Ahmad Rokhimin, S.Pi mengatakan peserta seleksi ujian yang lolos nanti mendapatkan beasiswa pendidikan madrasah secara penuh selama menjadi peserta didik di MA Futuhiyyah 2 (masa belajar 3 tahun) dan menempati asrama di Pondok Pesantren Nurul Burhani 1, 2 atau 3.

“Juga akan mendaptkan pembinaan secara intensif Tahfidz Al-Qur’an dan pengembangan diri meliputi kapasitas manajerial, strategi dakwah, komunikasi, dirosah islamiyah, organisasi, dan pengembangan karir,” jelasnya.

Lanjutnya, calon penerima beasiswa harus memenuhi target hafalan yang sudah ditetapkan selama masa pembelajaran pada jenjang kelas sebanyak 5 juz sehingga saat nanti lulus dari MA Futuhiyyah 2  minimal harus hafal 15 juz. 

“Jika tidak mencapai target selama 1 tahun pendidikan maka akan didsikualifikasi dari peserta program Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an. Atau jika berhenti di tengah jalan (dalam 3 tahun pendidikan) maka harus mengganti semua biaya yang telah digratiskan oleh Madrasah sejak dari awal,” lanjutnya.

Sementara, ketua PPDB MA Futuhiyyah 2 Mranggen 2022-2023 Lukman Hakim, S.Ag menuturkan secara umum kegiatan ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Seluruh penguji yang terdiri dari H. Muhammad Nur Wahid, M.SI, Ahmad Dliya’uddin, S.Pd.I, Hj. Amriyah, S.Ag, Sri Aliyati, S.Pd.I, MA, Ahmad Rokhimin,S. Kom, dan Shodikin, S.Ag telah melaksanakan tugas dengan sangat baik.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an telah terlaksana dengan lancar. Saya berterima kasih kepada seluruh penguji dan segenap panitia yang sudah meluangkan tenaga dan pikiran demi kelancaran kegiatan ini,” tuturnya.

Selanjutnya, ia berharap melalui ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an benar-benar berhasil menjaring peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik dan memiliki prestasi tetapi juga mampu membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an dengan baik. 

Hal senada juga disampaikan oleh H. Muh. Nur Wahid, M.SI salah satu penguji seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an. Menurutnya selama pelaksanaan uji praktek tidak menemui kendala yang berarti. Ia menggarisbawahi bahwa rata-rata seluruh peserta sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an tersebut dan sudah menunggu untuk dihubungi oleh penguji.

“Dari seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an ini saya berharap para peserta nantinya tidak hanya memiliki prestasi akademik dan non akademik tetapi juga menguasai makhorijul huruf dan tajwid dengan benar pada saat membaca dan menghafal Alqur’an,” ujarnya.

Kepala Madrasah, H. Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc memberikan apresiasi kepada segenap panitia dan para penguji yang berkompeten dan berdedikasi tinggi untuk kelancaran ujian seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an PPDB jalur prestasi.

“Terimakasih saya ucapkan kepada segenap panitia dan penguji yang sudah mengupayakan semaksimal mungkin untuk kelancaran kegiatan ini,” ungkapnya.

Dikatakan, dari rangkaian proses seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an yang diselenggarakan ini dapat menjaring peserta didik yang handal dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap pembelajaran di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, sehingga dapat menjadi peserta didik yang qur’ani, berprestasi serta handal dalam riset dan teknologi.

“Saya ucapkan selamat bergabung menjadi bagian dari MA Futuhiyyah 2 Mranggen bagi peserta yang nanti dinyatakan lulus dan jangan berputus asa serta terus berusaha bagi yang belum lulus. Masih ada peluang pada PPDB MAF2 jalur reguler,”paparnya.

Diinformasikan, dari 22 peserta seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an yang terdaftar, hanya 12 yang lulus seleksi. Sedangkan penandatanganan MOU dan penyerahan SK Beasiswa akan diberikan pada saat Ta’aruf peserta didik baru dengan civitas akademika madrasah tanggal 17 Juli 2022 yang akan datang. (bz)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar