Info Madrasah
Minggu, 14 Agu 2022
  • Selamat di Website MA Futuhiyyah-2 Mranggen

MA Futuhiyyah 2 Mranggen Khatamkan Al-Qur’an Setiap Hari Selama Ramadhan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Siswa

Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang selalu dirindukan kehadirannya oleh setiap Muslim. Bulan yang sangat penuh dengan amal kebajikan dan pahala yang melimpah ruah ini dimanfaatkan keluarga besar MA Futuhiyyah 2 Mranggen Kabupaten Demak dengan melaksanakan Khataman (Tadarusan) Al-Qur’an setiap hari di Mushala Madrasah.

Kegiatan yang bertajuk  ‘One Ramadhan One Khataman’ ini memang menjadi salah satu agenda yang sudah disusun di awal perencanaan kegiatan selama bulan suci Ramadhan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru MA Futuhiyyah 2 Mranggen secara bergiliran tiap kelas dalam setiap hari dan berlangsung kurang lebih selama satu jam.

IMG 20220414 WA0046

Lukman Hakim, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari sebuah pembiasaan yang baik khususnya di bulan suci Ramadhan, karena selain berdampak positif juga banyak manfaat yang diperoleh bagi warga madrasah. Kegiatan ini sudah dimulai sejak awal bulan April kemarin.

“Tadarusan/khataman Al-Quran selama bulan Ramadhan ini kita gelar untuk menyemarakkan syiar Islam di tengah-tengah warga madrasah. Sehingga kita semakin dekat dengan Al-Quran,” jelasnya saat ditemui di tengah-tengah Tadarus Al-Qur’an pada Ahad (10/4).

Disisi lain Kepala MA Futuhiyyah 2 Mranggen, H. Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc  menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diprogramkan oleh Wakamad Kesiswaan ini. Menurutnya, tadarus Al-Qur’an di bulan puasa sangatlah besar pahalanya. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada warga madrasah untuk tidak bosan-bosan membaca dan mengamalkan isi Al-Quran terkhusus di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

“Tadarus Al-Qur’an merupakan amalan mulia yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW terutama sekali pada bulan Suci Ramadhan. Untuk itu, jangan biarkan bulan Ramadhan kali ini berlalu tanpa tadarus Al-Qur’an,”paparnya

Beliau  menambahkan, bulan Ramahan ini momen yang pas untuk kita perbaiki bacaan Al-Qur’an kita semua, selain mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

“Dengan tadarus Al-Qur’an, kandungan hikmah yang termuat dan terkumpul di dalam Al-Qur’an dapat menjadi kompas penunjuk jalan menuju kebenaran,” imbuhnya.

Salah satu siswa kelas X, Salwa Fikriya merasakan betul manfaat dari kegiatan ini dalam menambah tingkat kelancaran membaca Al Qur’an bersama teman-temanya.

“Saya berharap kegiatan ini akan melekat pada diri teman-teman siswa, sehingga bertadarus menjadi salah satu rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam atau di luar bulan Ramadhan nantinya,” harapnya.(bz)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar