Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Ziarah Ulama dan Traveling Daycation Keluarga Besar MA Futuhiyyah 2 Mranggen Pilihan

Benzab Desember 23, 2021

Salah satu bentuk perhatian yang dilakukan oleh MA Futuhiyyah 2 Mranggen kepada tenaga pendidik dan kependidikan, yakni dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan kinerja civitas akademika madrasah. 

Dalam prinsip pengembangan sumber daya manusia, efektifitas kinerja tenaga pendidik dan kependidikan bisa ditingkatkan dengan penguatan motivasi secara eksternal dan internal oleh manajemen madrasah.  Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk berbagai macam aktivitas dan program antara lain; pendidikan dan pelatihan, motivasi kerja berprestasi, penghargaan, acara khusus (special event), dan media komunikasi internal.

Pada kali ini, MA Futuhiyyah 2 Mranggen menempuh langkah untuk memberikan kegiatan dalam program acara khusus (special event) melalui sarana Ziarah Ulama’ dan Traveling Daycation dengan memanfaatkan masa jeda liburan madrasah semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, pada Ahad (19/12).

Ziarah Ulama’ dan Traveling Daycation yang diikuti sebagian besar tenaga pendidik dan kependidikan MA Futuhiyyah 2 Mranggen ini digelar untuk menjalin keakraban dan menjaga hubungan baik antara Manajemen Madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan.

IMG 20211222 WA0045

Salah satu panitia, Sukimi, SA.g mengatakan, kegiatan ziarah dan wisata guru ini dilakukan usai ujian semester dan menitikberatkan pada aktivitas kegembiraan. Tujuannya untuk semakin mempererat hubungan baik antara sesama guru dan tenaga kependidikan MA Futuhiyyah 2 Mranggen

"Kita ingin mempererat hubungan silaturahmi antar sesama guru, serta refreshing menghilangkan kepenatan rutinitas selama kerja satu semester lalu," ujarnya.

Aktivitas ziarah dan wisata guru ini dilaksanakan di Jogjakarta dengan mengambil tema “Goes to Jogjakarta, Ayo Piknik Ben Ora Panik” berlangsung sangat meriah.

Destinasi pertama  adalah menziarahi Simbah KH Muhammad Manshur, di Dusun Popongan, Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten. Selain bertawassul dan berdoa di makam beliau ziarah ini juga bertujuan untuk mengingat kembali perjuangan beliau dalam berdakwah dan mengajarkan ilmu kepada masyarakat.

“Ziarah ke makam Simbah Manshur Popongan ini juga untuk mengmbail ibrah (pelajaran) bagaimana beliau totalitas dalam mengajar dan menyebarkan ilmu. Inovasi dalam pembalajaran harus dilakukan oleh guru agar peserta didik MAF2 mendapatkan nilai lebih dari sekadar belajar duduk di kelas nantinya,” jelas Muhammad Choeron, SA,g, guru Sejarah Kebudayaan Islam.

Sementara, Drs. KH. Ahmad Halimi Husain memaparkan bahwa Mbah Manshur  Popongan adalah putera Syaikh Muhammad Abdul Hadi Giri Kusumo, seorang mursyid Tarekat Naqsyabandiyah-Khalidiyah di Girikusumo Mranggen Demak. Mbah Hadi mengangkat Kiai Manshur dan Kiai Zahid sebagai mursyid tarekat. Dari Kiai Zahid, tarekat berkembang di Pantai Utara Jawa, diteruskan oleh Kiai Zuhri, dilanjutkan oleh Kiai Munif. Adapun Mbah Manshur menyebarkan tarekat melalui para badal, di antaranya ada yang sudah menjadi mursyid, yaitu Kiai Arwani (Kudus), Kiai Salman Popongan (Klaten) dan Kiai Abdul Mi’raj (Candisari Demak).

“Mbah Manshur Popongan termasuk Kiai sepuh yang disegani, bukan saja oleh para santri dan jama’ahnya, tetapi juga oleh masyarakat umum sehingga banyak yang bersilaturrahmi dan ngalap berkah semasa hidup beliau,” paparnya.

Setelah ziarah, rombongan guru menuju wisata Pantai Drini dan Heha Ocean di Jogjakarta. Di sana para guru dan tenaga kependidikan menikmati wisata suasana keindahan pantai dengan ditemani hujan rintik-rintik. 

Para  guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti jalannya kegiatan ini merasa sangat puas dan menghadirkan kebahagiaan tersendiri.

Harta Dwi Rakhmadi, S.T wakil Kepala Madrasah bidang Sarana Prasarana berharap dengan kegiatan tersebut bisa menjadikan semangat baru dalam mengajar di semester selanjutnya.

"Dan juga untuk menambah kekompakan dan kerjasama dalam mendidik dan mengajar siswa-siswi MA Futuhiyyah 2," pungkasnya. (bz)

Baca 138 kali

Cari

Pengunjung

1443290
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
1376
1423248
101600
1443290

Your IP: 54.161.24.9
2022-01-16 20:00