Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Penerapan Raport Digital Madrasah (RDM), Kepala MA Futuhiyyah 2 Hadiri Sosialisasi Pilihan

Benzab Desember 08, 2021

MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik sebagai persiapan pelaksanaan pengisian raport setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil 2021-2022 berakhir, pada Rabu (8/12).

Kepala MA Futuhiyyah 2 Mranggen, H. Ahmad Faizurrahman Hanif, Lc didampingi oleh Wakil Kepala bidang Kurikulum, Ahmad Rokhimi, S.Pi membuka acara sosisalisasi dan bimbingan teknis pengoperasian Raport Digital Madrasah (RDM). Sosialisasi dan Bimtek ini dilaksanakan di gedung workshop MAF2.

Kepala Madrasah mengatakan penggunaan RDM ini sesuai instruksi yang diberikan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Kementerian Agama RI nomor B-1726/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2021 dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif dan efesien serta mendukung program digitalisasi madrasah.
“Oleh karena itu, MA Futuhiyyah 2 Mranggen melaksanakan kegiatan sosialisasi dan bimtek ini agar tenaga pendidik dapat memahami cara mengakses RDM dan mengoperasikan aplikasi RDM ini dengan baik dan mudah,” terangnya.

Sementara Ahmad Rokhimin, S.Pi menyampaikan bahwa RDM sejatinya adalah pengembangan dari Aplikasi Raport Digital (ARD) yang sebelumnya sudah pernah ada dan telah diaplikasikan oleh para guru di MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Rapor Digital Madrasah merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang memiliki Resolusi High Definition (HD) yang di kembangkan Direktorat KSKK dalam mengelola nilai hasil belajar peserta didik di Madrasah.
"Pada dasarnya RDM ini bertujuan mempermudah kinerja guru dalam melakukan perencanaan, proses dan penilaian serta pelaporan hasil belajar peserta didik di madrasah,” jelasnya.

Ia menambahkan dengan diadakannya kegiatan sosialisasi RDM akan mempercepat dan mempermudah proses pembuatan atau penulisan rapor digital yang dikerjakan oleh para guru MA Futuhiyyah 2.
“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan para guru sangat antusias bersemangat mengikuti kegiatan. Dan kedepannya rapor digital ini juga dapat diakses oleh siswa, agar seluruh keperluan siswa dilakukan secara digital,” pungkasnya. (bz)

 

Baca 173 kali

Cari

Pengunjung

1443182
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
1268
1423248
101600
1443182

Your IP: 54.161.24.9
2022-01-16 18:26